Rekor-rekor Indonesia


RI merupakan Negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 17.504 pulau (termasuk 9.634 pulau yang belum diberi nama dan 6.000 pulau yang tidak berpenghuni). Disini ada 3 dari 6 pulau terbesar didunia, yaitu : Kalimantan (pulau terbesar ketiga di dunia dgn luas 539.460 km2), Sumatera (473.606 km2) dan Papua (421.981 km2).

  • Indonesia adalah Negara maritim terbesar di dunia dengan perairan seluas 93 ribu km2 dan panjang pantai sekitar 81 ribu km2 atau hampir 25% panjang pantai di dunia.
  • Pulau Jawa adalah pulau terpadat di dunia dimana sekitar 60% hamper penduduk Indonesia (sekitar 130 jt jiwa) tinggal di pulau yang luasnya hanya 7% dari seluruh wilayah RI.
  • Indonesia merupakan Negara dengan suku bangsa yang terbanyak di dunia. Terdapat lebih dari 740 suku bangsa/etnis, dimana di Papua saja terdapat 270 suku.
  • Negara dengan bahasa daerah yang terbanyak, yaitu, 583 bahasa dan dialek dari 67 bahasa induk yang digunakan berbagai suku bangsa di Indonesia. Bahasa nasional adalah bahasa Indonesia walaupun bahasa daerah dengan jumlah pemakai terbanyak di Indonesia adalah bahasa Jawa.
  • Indonesia adalah negara muslim terbesar di dunia. Jumlah pemeluk agama Islam di Indonesia sekitar 216 juta jiwa atau 88% dari penduduk Indonesia. Juga memiliki jumlah masjid terbanyak dan Negara asal jamaah haji terbesar di
    junia.
  • Monumen Budha (candi) terbesar di dunia adalah Candi Borobudur di Jawa Tengah dengan tinggi 42 meter (10 tingkat) dan panjang relief lebih dari 1 km. Diperkirakan dibuat selama 40 tahun oleh Dinasti Syailendra pada masa kerajaan Mataram Kuno (750-850).
  • Tempat ditemukannya manusia purba tertua di dunia, yaitu : Pithecanthropus Erectus” yang diperkirakan berasal dari 1,8 juta tahun yang lalu.
  • Republik Indonesia adalah Negara pertama yang lahir sesudah berakhirnya Perang Dunia II pada tahun 1945. RI merupakan Negara ke 70 tertua di dunia.
  • Indonesia adalah Negara pertama (hingga kini satu-satunya) yang pernah keluar dari Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) pada tgl 7 Januari 1965. RI bergabung kembali ke dalam PBB pada tahun 1966.
  • Tim bulutangkis Indonesia adalah yang terbanyak merebut lambing supremasi bulutangkis pria, Thomas Cup, yaitu sebanyak 13 x (pertama kali th 1958 & terakhir 2002).
  • Indonesia adalah penghasil gas alam cair (LNG) terbesar di dunia (20% dari suplai seluruh dunia) juga produsen timah terbesar kedua.
  • Indonesia menempati peringkat 1 dalam produk pertanian, yaitu : cengkeh (cloves) & pala (nutmeg), serta no.2 dalam karet alam (Natural Rubber) dan minyak sawit mentah (Crude Palm Oil).
  • Indonesia adalah pengekspor terbesar kayu lapis (plywood), yaitu sekitar 80% di pasar dunia.
  • Terumbu Karang (Coral Reef) Indonesia adalah yang terkaya (18% dari total dunia).
  • Indonesia memiliki species ikan hiu terbanyak didunia yaitu 150 species.
  • Biodiversity Anggrek terbeser didunia : 6 ribu jenis anggrek, mulai dari yang terbesar (Anggrek Macan atau Grammatophyllum Speciosum) sampai yang terkecil (Taeniophyllum, yang tidak berdaun), termasuk Anggrek Hitam yang langka dan hanya terdapat di Papua.
  • Memiliki hutan bakau terbesar di dunia. Tanaman ini bermanfaat ntuk mencegah pengikisan air laut / abrasi.
  • Binatang purba yang masih hidup : Komodo yang hanya terdapat di pulau Komodo, NTT adalah kadal terbesar di dunia. Panjangnya bias mencapai 3 meter dan beratnya 90 kg.
  • Rafflesia Arnoldi yang tumbuh di Sumatera adalah bunga terbesar di dunia. Ketika bunganya mekar, diameternya mencapai 1 meter.
  • Memiliki primata terkecil di dunia , yaitu Tarsier Pygmy (Tarsius Pumilus) atau disebut juga Tarsier Gunung yang panjangnya hanya 10 cm. Hewan yang mirip monyet dan hidupnya diatas pohon ini terdapat di Sulawesi.
  • Tempat ditemukannya ular terpanjang di dunia yaitu, Python Reticulates sepanjang 10 meter di Sulawesi.
  • Ikan terkecil di dunia yang ditemukan baru-baru ini di rawa-rawa berlumpur Sumatera. Panjang 7,9 mm ketika dewasa atau kurang lebih sebesar nyamuk. Tubuh ikan ini transparan dan tidak mempunyai tulang kepala.

17 Tanggapan

  1. hmmm seharusnya kalau tau yang begini jadi agak bangga ya sama indonesia… tapi ko ga terpikir ya?πŸ˜‰

  2. Wah memang luar biasa Indonesia, thanks atas infonya

  3. Banyak sekali yang bisa dibanggakan dari Indonesia, dan masih banyak orang yang bangga jadi warga Indonesia.

    Salam kenal

  4. indonesia emang mantap, rasanya hal2 begini kalo ga dijaga, bisa2 hilang dari indonesia, misalnya: hutan bakau di indonesia semakin berkurang

  5. artikel begini neh..yg d butuhkan tuk org2 d negeri ini!! terutama para pemuda. iar pada ga pesimis. kbnykan artikel ngejelek2kin indonesia, pdhl warga indoensia sendiri..

    salut n respect tuk yg nulis artikel ini..!!! JAYALAH NKRI ku..

  6. bener baget , emang indonesia itu bisa dibanggaain, gimana kitanya aja, kalau kitanya baik indonesia jg bakalan baik, bener gak, jangan suka pesemis tinggal di Indonesia karena kita lahir di sini dan mungkin matipun disini, berusaha keras aagar indonesia bnisa kuat seperti lambang negara kita, ini adalah proses bukan akhir dari segalanya. I LOVE U INDONESIA. jagan berpikir apa yang bisa indonesia berikan pada kita tapi apa yang bisa kita berikan pada indonesia.
    pesannya cuman buat pemerintah jaga yaaaaa indonesia kita tercinta,JGN SUKA KORUPSI ATAU NGERUGIIN INDONESIA biar negara kita maju dan menjadi negara kuat DUNIA. AMIIIN

  7. q cinta ma tanah air q yang ter cint

  8. Ya ALLAH ternyata Indonesia masih ada yang bisa dibanggain disamping negara terkorup, ternyata indonesia pnya bxak prstsi yg laen…..hidup indonesia!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!merdeka!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  9. duhhh…negara ku memang negara hebat yah…jd smakin cnta nih ma indonesia…

    thanks for your information…!!!

    bravooo…hindia…!!!

  10. aq sih bangga dengan rekor-rekor y tapi kenapa rekor ini masih menetap
    1.rekor banjir terbayak di dunia
    2.rekor kebakaran terbanyak di dunia
    3.menduduki peringkat 4 dengan mata uang terrendah
    5.rekor longsor terbanyak di dunia
    6.gaji buruh terrendah di dunia
    yang aku pengen hukum di indonesia ngeri kayak negara tetangga malaysia. hukum mencuri di potong tangan, dijamin 100% pasti indonesia makmur. karna hukum di indonesia terlalu riba.semoga president kita mau mendengar ini

  11. oh iya menduduki peringkat ke dua bayi terkecil di dunia kan di indonesia di langkat, sumut.

  12. ya alhamdulillah lah…
    indonesia banyak rekornya

  13. buset…………

  14. wah..bangga banget bisa hidup di Indonesia..”Surga Dunia”..g pernah merasakan dingin sedingin eropa dan g pernah merasakan panas sepanas timur tengah…

  15. I ALWAYS PROUD ..BECAUSE I’M A INDONESIAN..sorry klo acak adul bgtu..bru belajarbhasa inggris gtoloπŸ˜›

  16. iya…. kekayaan alam dan budayanya memang hebat……
    Lebih bagus kalo kita mampu menciptakan rekor di bidang kekayaan intelektual bangsa indonesia……

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: