US$ 500, APAKAH ADIL UNTUK POHON DEDE ?


Kutil raksasa yang menyerupai akar pohon pada tangan serta kaki Dede (38) si “Manusia Pohon”, akan dipotong dengan menggunakan gergaji kecil pekan depan. Tindakan medis itu dilakukan setelah kondisi tubuh Dede dinyatakan stabil.

 

Koordinator Tim Khusus Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung Dr Rachmat Dinata mengatakan, timnya akan memotong kutil raksasa itu setelah hasil laboratorium pada jaringan dalam tubuh Dede dikeluarkan. “Sementara ini berdasar penelitian pihak asing, pada tubuh Dede ditemukan ’Human Papilloma Virus-2’ (HPV-2) penyebab tumbuhnya kutil raksasa itu,” kata Rachmat, Selasa (27/11).

 

Dikatakan, pertumbuhan kutil yang terus membesar itu, juga disebabkan lemahnya jaringan sel darah putih dalam tubuh si “Manusia Pohon”, sehingga virus yang menggerogoti berkembang ganas. Pihak RSHS masih mengembangkan penyelidikan lebih lanjut terhadap penyakit Dede.

 

Menurut Rachmat, pihaknya terus memberikan asupan nutrisi kepada Dede agar tubuhnya beranjak ideal, dan normal sehingga dapat melakukan operasi pemotongan kutil tanpa menganggu kondisi tubuhnya. Saat melakukan operasi, Dede terlebih dahulu dibius agar tidak mengalami rasa ngilu saat proses pemotongan dilakukan. Semua penindakan pada “Manusia Pohon” itu, ujar Rachmat, dilakukan berdasar kesepakatan tim yang beranggotakan lebih dari 10 dokter spesialis.

 

Tim dokter sendiri memastikan peyakit kutil Dede akibat serangan virus HPV tipe 2. Virus tersebut menjalar karena kekuatan tubuh Dede lemah. Sebaliknya, tim dokter belum bisa memastikan mengapa kekebalan tubuh Dede sangat lemah. “Kekebalan tubuh bisa menurun karena disebabkan beberapa hal antara lain, virus HIV, penyakit kangker, faktor genetik dan kekurangan gizi. Namun saya belum bisa memastikan penyebab semua itu,” tukas Rahmat seraya mengatakan, jenis penyakit kutil yang dialami Dede tidak akan menular kepada orang yang memiliki kekebalan tubuh yang baik, karena kutil yang dialami Dede hanyalah kutil biasa yang juga kerap dialami banyak orang.

 

Seperti diberitakan sebelumnya, sampel darah Dede diteliti Dr Anthony Gaspari dari Universitas Maryland. Gaspari memastikan kutil Dede disebabkan sebuah virus diberinama human papilloma virus (HPV). Pengambilan sampel darah Dede membuat Menkes Siti Fadila Supari berang. Menurut Menkes, ada aturan pengambilan sampel darah seperti yang dilakukan dr Antoni Gaspari terhadap Dede. Pengambilan darah Dede yang kemudian dibawa ke AS ini tanpa sepengetahuan Depkes. “Itu sudah ada UU-nya. Tapi lolos terus. Makanya, ada orang asing yang ngambil darah kok, kita malah diminta terima kasih,” kata dia.

 

Menkes mengecam komersialisasi gambar Dede oleh Fox dan Discovery Channel. Terhadap hal ini, Dede tidak diuntungkan. Yang diuntungkan adalah Fox. Sedangkan Dede hanya mendapatkan US$ 500.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: